CONTOH REVIEW SKRIPSI PBA

Thursday, October 16, 2014
REVIEW SKRIPSI JURUSAN PBA
Tugas Mata Kuliah : Metodologi Pendidikan Bahasa Arab III
Pengampu : Nurhadi











Nama           :  Soni Agus Setiawan
NIM              : 11420098
Kelas            : PBA-C
No. Absen    :

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKRTA
2014


Review ke   : 1
Judul Skripsi              : Analisis Materi COMPACK DISK Hadiqotul Huruf
                                          (Kajian Metodologi Penyusunan Materi Bahasa Arab
Penulis                         : Mohammad Fauzan
Tahun Penulisan     : 2011
Alasan Penulisan Memilih Judul ini
Penulis memillih judul ini karena penulis ingin mengetahui materi yang terdapat pada CD Hadiqotul Huruf  dan penyusunan materi CD Hadiqotul Huruf  .sebagai sumber sumber disini adalah karena materi bahasa arab tentu berbeda dengan materi yang digunakan untuk siswa Indonesia.
Masalah yang Muncul di Lapangan
Rumusan Masalah :
  • Bagaimana gambaran Umum Materi CD Hadiqotul Huruf ?
  • Bagaimana Konsep Penyusunan materi yang digunakan dalam CD Hadiqotul Huruf  ?
  • Apakah CD Hadiqotul Huruf  tersebut sudah memenuhi criteria yang baik dari segi materi ?
Posisi Orisionalitas
Dari Posisi Orisinalitas Penelitian yang membahas materi sudah cukup banyak. Penelitian yang obyek kajiannya tentang analisis materi sudah dilakukan sebelumnya. Tetapi penulis di sini menegaskan bahwa tema kajian yang sedang diteliti  berbeda dengan penelitian yang sudah ada.
Seperti skripsi :
  • Darun Nadwa (2002) “ Analisis Buku Pelajaran bahasa Arab Karya H.D Hidayat , MA
  • Shofaul Asrar (2010) “ Ayo beljar Imla”
  • Muhammad Faza R (2010) “ Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Multimedia”
Kerangka Teori 
  • Pengertian Mutimedia
Ricard E dalam Baroto Tavip mendefinisikan multimedia sebagai presentasi materi dengan menggunakan tulisan, sekaligus gambar-gambar.
  • Fungsi Multimedia
    • Mutimedia sebagai pemerolehan informasi
Dalam proses pembelajaran terjadi proses penambahan informasi pada memori seseorang. Pandangan ini membawa asimsi tentang apa yang dipelajari oleh murid, serta tujuan-tujuan dari presentasi multimedia.
  • Multimedia sebagai konstruksi pengetahuan
Menurut pandangan konstruksi pengetahuan Multimedia Learning  adalah aktivitas sense making  atau penalaran masuk akal. Berbeda dengan akuisi informasi dikatakan pengetahuan terkonstruksi secara personal oleh masing –masing orang dan tidak bias dikirimkan dalam bentuk tertentu atau pasti dari satu otak ke otak lain. Hal ini dikarenankan perbedaan kapasitas dari otak si penerima
  • Prinsip Desain Multimedia
                                                               i.      Prinsip Multimedia
                                                             ii.      Prinsip keterdekatan ruang
                                                           iii.      Prinsip ketrdekatn waktu
                                                           iv.      Prinsip modalitas
                                                             v.      Prinsip koherensi
                                                           vi.      Prinsip redunasi
Metode Penelitian
  • Jenis Penelitian adalah library research yaitu dari sumber-sumber buku
  • Penentuan sumber data , karena penlitian bersifat pustaka maka sumber data adalah buku-buku, jurnal, surat kabar.
  • Instrument penelitian adalah buku-buku, jurnal, surat kabar.
  • Teknik Pengumpulan data  adalah studi literatur dimana peneliti mengumpulkan data dari telaan kepustakaan yang mendukung terhadap penelitian untuk melengkapi sumber data. Maka secara operasional penulisan skripsi ini berdasarkan pada metode kualitatif.
  • Teknik Analisis datanya adalah teknik analisis isi (content analysis ) tentang suatu pesan komunikasi
Hasil Penelitian
                Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam materi CD Hadiqotul Huruf  terdapat materi qiro’ah, kitabah, istima’ , mufrodat dan qowaid . Penyajian materi dalam CD Hadiqotul Huruf  sudah melalui prinsip penyusunan materi seleksi, gradasi, repetisi, dan presentasi. Konsep penyajian materi disertai dengan gambar animasi, nyayian dan pengisi suara asli. Namun jika digunakan untuk pemula bagi kalangan non arab memerlukan bimbingan dari guru atau pendamping yang lebih mengetahui bahaa arab.
Pendapat Saya mengenai Skripsi ini
    • Jika dilihat dari segi teknik penulisannya masih ada kekacauan yang perlu pembenahan. Misalnya juga dalam penyusunan halaman yang tidak sesuai daftar isi yang ada
    • Jika dilihat dari segi metodologi dan substansi (isi) skripsi ini sudah baik . apa yang ingin diteliti sudah dijelaskan dengan rinci.


Review ke    : 2
Judul Skripsi              : Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Tuna Netra di Pusat
                                          Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga
Penulis                         : Siti Sangidah
Tahun Penulisan     : 2011
Alasan Penulisan Memilih Judul ini
                Peneliti memilih judul ini karena penelia ingin mengetahui proses kegeiatan mengajar bahasa arab, mengetahui problematika yang dihadapi mahasiswa tunanetra dan mengetahui upaya yang diberikan dosen dan pihak pusat bahasa dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa tunanetra di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Masalah yang Muncul di Lapangan
Rumusan Masalah :
  • Bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab mahasiswa tunanetra di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan  Kalijaga?
  • Problematika apa saja yang dihadapi mahasiswa tunanetra dalam proses kegiatan pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan  Kalijaga?
  • Bagaimana upaya yang dilakukan dosen dan pihak Pusat Bahasa terhadap problematika yang dihadapi mahasiswa tunanetra tersebut?
Posisi Orisionalitas
                Ada beberapa penelitian yang tidak lepas dari penelitian sebelumnya, sejauh yang peneliti baca ada beberapa skripsi yang relevan dengan pembahasan ini yaitu
  • Danang Eko Saputro (2012)” Problematika Pembelajaran Menulis Teks Bahasa Arab dan Solusinya bagi siswa kelas VII di MTs Negeri Piyungan Bantul tahun Ajaran 2011/2012”
  • Ummi Farikhah “ Problematika Pembelajaran bahasa Arab Siswa Kelas I MTs NU Mua’limat (Tinjauan Problematika Non Linguistik)
  • Yuni Setyawati (2008) “ Problematika Pembelajaran dan Upaya Pemberian Layanan Mahasiswa Difable di UIN Sunan Kalijaga
Dari Beberapa skripsi tersebut Peneliti lebih menekankan pada Pembahasan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Tunanetra di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan  Kalijaga Periode 2012/2013.
Kerangka Teori 
  1. Tinjauan tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
Problematika berasal dari bahasa inggris yaitu problem yang artinya masalah menurut kamus kontemporer (1991 : 941) masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau dipecahkan.
Adapun macam-macamnya adalah
a.       Problematika lingiustik  yang meliputi, tatabunyi, kosakata, Tata Kalimat, Tulisan.
b.       Problematika non-linguistik yang meliputi factor Pendidik, Peserta Didik, Motivasi, Sekolah, Rumah, Lingkungan Sosial dan Buku Ajar.
Tujuan Pembelajaran Bahasa arab untuk melatih Keterampilan Mneyimak, Berbicara, membaca dan menulis
Metode Pembelajaran Bahasa Arab di bagi menjadi tiga yaitu
a.       Metode berpusat pada bahasa
b.       Metode berpusat pada pembelajaran
c.       Metode berpusat pada siswa
  1. Tinjauan tentang tunanetra
Dari segi bahasa kata tunanetra terdiri dari tuna dan netra yang artinya rusak matanya atau tidak memiliki mata yang berarti buta atau kurang penglihatan.
Faktor penyebab ketunanetraan berupa factor intern dan extern  
Metode Penelitian
·         Jenis Penelitian , jika dilihat dari segi tempat skripsi ini adalah penelitian lapangan dan jika ditinjau dari segi data, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif .
·         Subjek Penelitian, penelitian ini dilakukan di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan yang menjadi subjek penelitian adalah
a.       Direktur Pusat Bahasa di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
b.       Kepala Devisi Bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
c.       Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
d.       Para Mahasiswa Tunanetra di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
·         Metode Pengumpulan data, berupa obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi
·         Metode Analisa data dalam skripsi ini adalah analisa data kualitatif
Hasil Penelitian
                Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Mahasiswa tunanetra di Pusat Bahasa di samakan dengan mahasiswa normal, dalam pelaksanaannya mahasiswa tunanetra digabung dalam satu kelas dengan mahasiswa normal. Sedangkan problematika pembelajaran yang dihadapi mahasiswa tunanetra adalah problematika linguistic dan problematika non-linguistik.
Pendapat Saya mengenai Skripsi ini
  • Jika dilihat dari segi teknik penulisannya skripsi ini sudah memenuhi standar kepenulisan dan sudah bagus karena di jelaskan secara rinci
  • Jika dilihat dari segi metodologi dan substansi (isi) skripsi ini juga sesuai atau tepat karena pembahasan dan metode yang dilakukan adalah studi lapangan.


Review ke   : 3
Judul Skripsi              : Studi Korelasi penguasaan Qowaid dengan kemampuan Kitabah siswa kelas
                                          II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks
                                          Nurussalam krapyak Yogyakarta
Penulis                         : Syamsul Hadi
Tahun Penulisan     : 2013

Alasan Penulisan Memilih Judul ini
                Penulis ingin mendeskripsikan serta mengkaji secara teoritis mengenai penguasaan Qowaid dan kemampuan kitabah pada siswa kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam serta menganalisis data guna mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keduanya.
Masalah yang Muncul di Lapangan
Rumusan Masalah :
·         Bagaimana Penguasaan Qowaid siswa kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam Yogyakarta?
·         Bagaimana tingkat kemampuan kitabah siswa kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam Yogyakarta?
·         Apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan Qowaid denga kemampuan kitabah siswa kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam Yogyakarta?
Posisi Orisionalitas
ada beberapa penelitian skripsi yang berkaitan dengan judul skripsi yang penulis teliti yaitu :
·         Lailana Shofa “ Minat dan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab ( Studi Korelasi di MTs Ma’had Islami Kotagede”
·         Lathifah “ Studi Korelasi Penguasaan Qowaid, kosakata, dan teknik membaca dengan presentasi membaca kitab kuning Siswa kelas II Ma Wahid Hasyim.
·         Milhatun Nikmah “ Studi Korelasi antara prestasi belajar Qowaid  dengan presentasi belajar Muhadatsah  siswa kelas II MAK NU Banat Kudus.
Dari beberapa skripsi diatas penulis menegaskan bahwa skripsi yang diteliti ini berbeda dengan skripsi di atas karena peneliti lebih menekankan pada kemampuan Kitabah.
Kerangka Teori 
a)      Tinjauan tentang Korelasi
Merupakan suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan antar variable atau tidak
b)     Tinjauan tentang penguasaan Tinjauan tentang Qowaid
Merupakan salah satu bentuk perubahan tingkah laku yang didapat dari hasil belajar
c)      Tinjauan tentang Pembelajaran Kitabah
d)     Tinjauan tentang Pembelajaran  Qowaid  dan konstribusinya terhadap kemampuan Kitabah
Metode Penelitian
·         Pendekatan dan Jenis Penelitian. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif  yaitu dengan pengumpulan angka dan data-data. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi.
·         Waktu Penelitian dilakukukan setelah seminar proposal
·         Subjek penelitian
o   Kepala Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam krapyak Yogyakarta beserta staf-stafnya.
o   Guru bahasa Arab dan Qiowaid kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam krapyak Yogyakarta
o   Siswa kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks Nurussalam krapyak Yogyakarta.
·         Teknik Pengumpulan datanya adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Tes.
·         Teknik Analisis Data dengan menggunakan teknik korelasi
Hasil Penelitian
                Hasil Penelitian menunjukkan bahwa :
1)     Perolehan nilai rata-rata penguasaan Qowaid  sebesar 59,77 berarti penilaian menggunakan nilai standar berskala 100 tergolong cukup baik
2)     Kemampuan kitabah siswa kelas II memiliki nilai rata-rata sebesar 69,04 dan termasuk dalam kategori baik
Pendapat Saya mengenai Skripsi ini
  • Jika dilihat dari segi teknik penulisannya skripsi ini sudah baik karena menggunakan perhitungan angka yang teliti
  • Jika dilihat dari segi metodologi dan substansi (isi) skripsi ini sudah lumayan bagus, hanya metode yang dilakukan peneliti masih terasa kurang.


Review ke   : 4
Judul Skripsi              : Metode Bernyanyi Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
                                          Bahasa Arab Bagi Santri Pemula Di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri.
Penulis                         : Laily Nabilah
Tahun Penulisan     : 2014
Alasan Penulisan Memilih Judul ini
                Peneliti ingin mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa arab pada kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab) dengan kelompok control (kelompok siswa tanpa menggunakan metode bernyanyi dalam belajar bahasa arab)
Masalah yang Muncul di Lapangan
Rumusan Masalah :
·         Bagaimana proses pembelajaran bahasa arab dengan metode bernyanyi bagi santri pemula di madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri?
·         Apakah ada perbedaan dalam peningkatan motivasi pembelajaran bahasa arab antara kelas eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab) dengan kelompok control (kelompok siswa tanpa menggunakan metode bernyanyi dalam belajar bahasa arab) di madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri?
Posisi Orisionalitas
                Penulis menegaskan bahwa Skripsi yang dibuat oleh penulis belum pernah dilakukan oleh penulis sebelumnya tapi ada beberapa skripsi yang relevan dengan skripsi ini adalah :
  • Hasanuddin (1998) “ Peranan Guru dalam memotivasi sisw untuk belajar bahasa arab di MTsN bantul”
  • Ari Mahmudah (2008) “Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta”.
  • Ratih Agustina (2012) “ Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VII DI MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta.
Kerangka Teori 
·         Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pemula
Yaitu penyajian pembelajaran bahasa arab oleh guru bahasa arab bagi pemula agar dapat menerima, menguasai dan mengembangkan bahasa arab.
·         Menyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab
Yang menggambarkan
o   Mengandung persoalan yang sesuai dengan materi yang dicapai
o   Melodi yang sesuai dengan kemampuan anak
o   Syair-syairnya sesuai dengan tingkat pemahaman anak.
·         Motivasi Belajar
o   Pengertian Motivasi belajar
o   Macam-macamnya
o   Peran Motivasi dalam belajar
o   Proses terbentuknya motivasi belajar.
Metode Penelitian
·         Jenis Penelitian skripsi ini jika ditinjau dari segi tempat maka termasuk jenis penelitian lapangan , jika ditinjau dari segi sifat maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan jika dilihat dari segi tujuan penelitian ini termasuk penelitian Experiment Research .   
·         Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan survey.
·         Desain Penelitiannya adalah rancangan penelitian secara acak dengan angket awal dan angket dengan kelompok control.
·         Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah
o   Guru bidang Studi Bahasa arab
o   Santri Pemula A dan B di MDNU Pi
·         Teknik Pengumpulan Datanya adalah Metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket.
Hasil Penelitian
                Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa arab kelompok eks eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab) dengan kelompok control (kelompok siswa tanpa menggunakan metode bernyanyi dalam belajar bahasa arab). Hal ini berarti bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode bernyanyi tidak efekti untuk meningkatkan motivasi belajar behasa arab siswa kelas pemula Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri.
Pendapat Saya mengenai Skripsi ini
  • Jika dilihat dari segi teknik penulisannya skripsi ini sudah baik karena menggunakan perhitungan angka yang teliti
  • Jika dilihat dari segi metodologi dan substansi (isi) skripsi ini sudah lumayan bagus, hanya metode yang dilakukan peneliti masih terasa kurang.




Review ke   : 5
Judul Skripsi              : Pembelajaran bahasa arab dengan model belajar tuntas (Master Learning)
Penulis                         : Faizatul Muniroh
Tahun Penulisan     : 2011

               
Alasan Penulisan Memilih Judul ini
                Alasan penulis adalah penulis ingin mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tuntas (Master Learning) dalam pelajaran Bahasa Arab di MIN Tempel, hasil yang dicapai, serta kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dalam pembelajaran bahasa Arab di MIN Tempel.
Masalah yang Muncul di Lapangan
Rumusan Masalah :
·         Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan model pembelajaran tuntas Mastery Learning di MIN Tempel?
·         Bagaimana hasil pembelajaran bahasa arab dengan model belajar tuntas Mastery Learning di MIN Tempel?
·         Bagaimana kekurangan dan kelebihan dari pelaksanaan model pembelajaran tuntas Mastery Learning dalam pembelajaran bahasa arab di MIN Tempel?
Posisi Orisionalitas
                Penulis menegaskan bahwa Skripsi yang dibuat oleh penulis belum pernah dilakukan oleh penulis sebelumnya tapi ada beberapa skripsi yang relevan dengan skripsi ini adalah :
  • Ade Chairil Anwar , “Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis KTSP (study kasus di kelas 2 MTs N Sleman Kota Kabupaten Sleman)”
  • Listawati, “Implementasi Mastery Learning dalam Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Purworejo”
Penulis mengungkapkan perbedaan dari skripsi yang sudah ada di atas berada pada disiplin ilmu yang melatari bahasa arab dan PAI.
Kerangka Teori 
a)      Dasar Hukum Pelaksaan Tuntas
·         UU Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional pasal 12 ayat 1
·         GBHN butir 1 dan 7
b)     Konsep dasar pembelajaran tuntas (Mastery Learning)
Meliputi definisi, Konsep pembelajaran Tuntas,
c)      Konsep Dasar Pembelajaran yang meliputi Silabus dan RPP. Kemudian terdapat juga tujuan pembelajaran, Materi ajar, Alokasi Waktu, Metode Pembelajaran , Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil belajar dan sumber belajar.
d)     Pelaksanaan Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) dalam pembelajaran.
Metode langkah pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan diagnostic / perspektif. Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran, Peran peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran,
e)      Hasil belajar atau prestasi yang sudah dicapai dari sesuatu yang telah dikerjakan.

Metode Penelitian
·         Jenis Penelitian , yang digunakan adalah penelitian lapangan
·         Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif
·         Waktu dan tempat penelitian yaitu dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tempel Sleman.
·         Subjek Penelitian
o   Kepala MIN Tempel Sleman
o   Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum
o   Guru Bahasa Arab (sebagai key informan)
o   Siswa Kelas V
·         Teknik Pengumpulan data , adalah Observasi, Interview dan Dokumentasi
·         Metode Analisis Data, berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil Penelitian
                Hasil dari penelitian ini yaitu
  • Perencanaan pembelajaran yang meliputi Silabus dan RPP dalam perencanaan tersebut terlihat belum menerapkan belajar tuntas (Master Learning) karena dalam membuat perencanaan tersebut guru belum menggunakan pendekatan individual
  • Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajan tuntas namun belum maksimal
  • Hasil belajar sudah mencapai standar yang diinginkan yaitu nilai 55
Pendapat Saya mengenai Skripsi ini
  • Jika dilihat dari segi teknik penulisannya skripsi ini baik, data-data yang digunakan sudah sesuai dan detail
  • Jika dilihat dari segi metodologi dan substansi (isi) skripsi ini baik, dan sesuai.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 comment

ini skripsi kualitatif atau kuantitatif?

Balas